Pages

Rabu, 09 November 2011

Senam Hamil


Senam hamil merupakan serangkaian gerakan senam yang bermanfaat untuk mempersiapkan kondisi Anda menghadapi proses persalinan.

Tidak hanya itu, jika dilakukan secara teratur, gerakan senam ini juga bermanfaat mengurangi berbagai keluhan yang mungkin muncul saat Anda hamil. Terutama pada tiga bulan terakhir masa kehamilan, seperti pegal-pegal pada bagian-bagian tubuh tertentu.


Kehadiran senam hamil dilatarbelakangi hasil penelitian seorang ahli kebidanan bernama Dr.Gratley Dick Read dan dilanjutkan oleh muridnya Helen Heardman (fisioterapis).
Dari hasil penelitian tersebut, mereka sepakat bahwa setiap wanita harus dipersiapkan secara mental dan fisik untuk melahirkan bayi.

Persiapan ini akan sangat bermanfaat apabila juga dibarengi dengan tindakan relaksasi yang bermanfaat pada persalinan, serta menghilangkan ketakutan dan kecemasan yang biasanya dirasakan banyak wanita.

Dokter spesialis kandungan Rumah Sakit Puri Cinere dr. Musa Soebiantoro, Sp.OG mengungkapkan mengikuti senam hamil memang bukan menjadi suatu keharusan, tetapi dianjurkan. Namun saat akan mengikuti senam sebaiknya periksa terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui ada tidaknya kontraindikasinya.

“Senam yang satu ini bukan buat wanita yang ingin memiliki tubuh langsing. Namanya saja, senam hamil. Pasti manfaatnya, ya, untuk ibu-ibu yang tengah berbadan dua. Terutama yang akan melahirkan secara normal,” ungkap dr. Musa.

Ia menjelaskan, senam hamil sebaiknya dilakukan bersama ahlinya, seperti pelatih senam bayi profesional. Dengan demikian, tahu apa yang harus dilakukan setiap tahapnya. Tidak masalah bila ibu hanya membaca tahapan di buku petunjuk manualnya, namun cara ini akan sulit karena apa yang dibayangkan belum tentu sesuai.

Senam hamil biasanya diikuti oleh ibu hamil kala persalinan sudah dekat.

“Sebetulnya tidak ada batasan kapan harus mulai melakukan senam hamil. Pada prinsipnya, senam hamil hanya melatih otot-otot ibu. Sama halnya bila ia jalan pagi,” katanya.

"Sejak awal mungkin juga boleh saja. Tapi, kan, biasanya ia repot dan punya kesibukan lain, sehingga kami anjurkan untuk mengikutinya sejak kehamilan trimester III,” tutur Musa lebih lanjut.

“Selain untuk menjaga kebugaran, senam hamil juga diperlukan untuk meningkatkan kesiapan fisik dan mental calon ibu selama proses persalinan,”jelasnya.

Banyak hal yang diajarkan pada senam ini. Misalnya saja, tentang cara menghadapi persalinan termasuk posisi, mengatur napas saat mengejan, sampai cara mengejan. Nah, karena sudah sejak awal “belajar”, diharapkan lewat senam hamil ini para calon ibu merasa lebih siap untuk menjalani persalinan.
“Siap dalam arti fisik dan mental,” tambah dr. Musa.

Metode pilates sangat dianjurkan

Salah satu senam hamil yang sekarang banyak diperbincangkan adalah metode Pilates. Menurut Joseph Pilates, pencipta 34 gerakan dasar senam sejak 1920, terdapat delapan prinsip utama meliputi konsentrasi, pernapasan, pemusatan gerakan, kontrol gerakan, presisi dalam melakukan gerakan, isolasi terhadap otot yang dilatih dan rutinitas.

Senam hamil Metode Pilates ini dianjurkan sejak kehamilan berusia trimester pertama alias 1-3 bulan. Seperti senam hamil pada umumnya, pada awalnya, ibu harus dibantu oleh pelatih agar tak salah melakukan gerakan. Bila salah gerakan, mungkin pengalaman yang akan Ibu dapatkan juga akan salah nantinya.

Dengan senam Pilates ini ibu akan mendapatkan kekuatan dan kelenturan tubuh serta melatih pernapasan. Senam Pilates juga dapat memperbaiki tubuh dan pikiran, melancarkan peredaran darah, membuat lebih rileks dan fleksibel.
Jadi, selain bentuk tubuh menjadi lebih baik, badan juga menjadi bugar. Karena tawaran keindahan tubuh inilah banyak ibu menjadi gandrung.

Manfaat utama senam Pilates bagi ibu hamil adalah untuk memperkuat otot dan sendi, terutama otot bagian perut dan dekat tulang punggung. Makanya disarankan untuk mulai melakukan sejak kehamilan usia muda.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari senam Pilates, latihan harus dilakukan secara rutin. Dari gerakan yang sederhana meningkat terus kesulitannya hingga usia kehamilan lanjut.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

snam hmil ini ada brapa metode sih sist ? n apa gpp yah klo snam hmilny ini dilakuin sndiri tanpa di awasi ahlinya ?
oiya btw klo mau bli baju senam terbaru dmna yah ?
mksih salam sukses

Posting Komentar